3-cara-mengatasi-sablon-kaos-lengket-paling-mudah-dan-pasti-berhasil

3 CARA MENGATASI SABLON KAOS LENGKET PALING MUDAH DAN PASTI BERHASIL

Posted on

Di antara berbagai jenis sablon, tinta karet atau rubber dapat dibilang yang paling banyak dipakai. Namun bahan tersebut juga rentan saling menempel jika kurang hati-hati dalam merawatnya. Untuk Anda yang tengah mencari cara mengatasi sablon kaos lengket pada t-shirt kesayangan, 3 solusi ini mungkin dapat membantu.

3 Cara Mengatasi Sablon Kaos Lengket Dengan Cara Sederhana

Banyak orang yang menyukai sablon rubber karena karakternya yang elastis, tampak tajam dan warna-warni, serta terbilang awet. Ini tentu saja asalkan Anda melakukan perawatan dengan benar biaya sablon kaos jadi tidak perlu terlalu boros. Untuk kasus sablon kaos yang lengket, Anda bisa mencoba 3 metode simple ini:

sablon-baju-saling-menempel
  1. Menyetrika gambar sablon dengan bantuan tisu

Bukan langsung disetrika begitu saja, ya, namun Anda perlu melapisinya dengan tisu agar karet tidak meleleh terkena panas. Caranya, siapkan selembar tisu dan letakkan diatas sablon yang menempel.

Selanjutnya set temperatur setrika pada suhu paling panas dan gosokkan dengan hati-hati pada sablon kaos sambil tarik pelan-pelan.

Jangan lupa untuk terus menggerakkan setrika pada permukaan tisu agar gambar sablon tak terkena paparan panas. Lakukan proses ini berulang-ulang hingga terlepas seluruhnya.

  1. Menyetrika gambar sablon dari bagian dalam kaos

Solusi sablon baju saling menempel yang kedua ini sebenarnya hampir sama dengan yang pertama, namun Anda tak perlu menggunakan tisu. Caranya cukup dengan membalik t shirt dan menyetrikanya pada bagian dalam sambil tarik perlahan agar sablon terlepas.

Sekali lagi Anda perlu mengerjakannya dengan perlahan sampai gambar tak lagi menempel dan agar sablon tidak terkelupas dari kain.

  1. Menggunakan bensin dan minyak kayu putih

Pertama Anda perlu menyiapkan bensin secukupnya dan sedikit kapas atau cotton bud. Celupkan kapas pada bensin dan usapkan pada gambar sablon yang lengket sambil ditarik-tarik dengan lembut hingga perlengketan lepas.

Walaupun terbilang efektif dan prosesnya cukup cepat namun tak semua orang tahan dengan aroma bensin yang menyengat. Tapi tak perlu khawatir karena ada alternatif lain yang dapat Anda gunakan, yaitu dengan minyak kayu putih. Metodenya sama dengan cara di atas.

cara-melepas-sablon-baju-yang-lengket

Langkah Antisipasi Agar Sablon Rubber Tidak Mudah Saling Menempel

Anda pasti enggan melakukan cara melepas sablon baju yang lengket setiap hari, bukan? Walaupun memang melepaskan gambar sablon yang menempel itu memungkinkan, namun tetap ada resiko sablon terkelupas atau rusak. Untuk itu Anda perlu mengetahui langkah antisipasi agar kondisi demikian tak lagi terjadi.

  • Hindari menumpuk kaos sablon

Di sini maksudnya adalah menumpuk kaos hingga bagian yang sama-sama ada gambar sablonnya saling bertemu. Jika terkena suhu yang tinggi, misalnya pada lemari yang terpapar sinar matahari langsung, maka sablon bisa dengan mudah saling melekat.

  • Segera lipat kaos setelah dijemur

Sering menumpuk koleksi kaos Anda begitu saja saat selesai dijemur? Mulai sekarang hilangkan kebiasaan buruk tersebut karena beresiko membuat sablon cetak pada tshirt jadi rusak akibat tak sengaja saling menempel. Jadi segera setrika dan lipat dengan rapi baju-baju Anda jika sudah kering.

  • Jangan menyetrika langsung gambar sablon

Hindari menyetrika gambar sablon secara langsung karena suhu panas bisa membuat karet meleleh dan menempel pada setrikaan. Metode pemanasan juga bisa menjadi cara menghilangkan sablon plastisol di kaos, sehingga kalau ingin sablon kaos awet Anda perlu mencermati ini.

Untuk merawat kaos sablon agar kondisinya tetap bagus dalam waktu yang lama, hindari juga perendaman yang lama agar tinta rubber tidak pecah. Menyikatnya kuat-kuat juga sangat tidak disarankan karena bahan karet kurang tahan gesekan.

Setelah pencucian, balik kaos dan jemur di tempat yang tak terkena sinar matahari langsung untuk menghindari pemanasan.

Penutup

Ada 3 cara mengatasi sablon kaos lengket yaitu dengan cara menyetrika dan mengaplikasikan cairan bensin atau minyak kayu putih. Untuk mengantisipasi hal ini dan menjaga keawetan kaos dengan sablon rubber, Anda perlu juga melakukan perawatan harian dengan tepat. Antara lain pada proses penyimpanan pakaian, perlakukan setelah mencuci kaos, dan penyetrikaan. Selanjutnya agar kaos tahan lama sebaiknya hindari perendaman dalam waktu lama, menyetrika pada sablon, atau menjemurnya langsung di bawah terik matahari. Semoga menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.