cara pilih sablon yang cocok untuk kaos warna hitam

CARA PILIH WARNA SABLON YANG COCOK UNTUK KAOS WARNA HITAM

Posted on

Kaos warna hitam masih jadi primadona untuk media sablon. Selain karena favorit banyak orang, warna hitam juga mudah dipadu-padankan. Lalu apa warna sablon yang cocok untuk kaos warna hitam?

Pertanyaan ini masih cukup sering ada di benak masyarakat. Apalagi tidak banyak yang tahu mengenai color wheels dan rekan-rekan sederajatnya.

Ada kalanya seseorang memiliki bahan kain yang bagus. Desain sablonnya juga berkualitas. Namun, ternyata paduan warnanya tidak bagus. Hanya dengan biaya sablon kaos yang murah bisa membuat kaosnya terasa hidup.

Untuk itulah penting bagi Anda menyiapkan konsep warna terlebih dahulu sebelum sablon kaos.

Gunakan Underbase Warna Putih

warna baju sablon yang bagus

Ketika Anda sablon warna di atas pakaian berwarna gelap, idealnya Anda harus mencetak lapisan tinta putih sebagai underbase. Alasannya agar warna desain utama lebih menonjol.

Dalam kasus ini Anda akan menggunakan kaos hitam. Tinta tidak buram dan cukup cerah untuk dicetak langsung di atasnya. Maka alas berwarna putih tadi bisa berfungsi sebagai primer untuk tinta.

Dengan primer putih ini maka tinta desain utama bisa mencapai kecerahan yang sempurna.

Contoh, Anda punya desain berwarna kuning gold untuk kaos hitam. Pada dasarnya kedua warna sudah berlawanan dan pasti warnanya keluar. Cetakannya pun hanya satu warna.

Namun Anda tetap bisa menggunakan primer putih tadi agar warnanya menonjol. Dalam hal ini akhirnya Anda akan mencetak dua warna. Jadi pertimbangkan lagi soal biaya tambahan.

Bagaimana kalau warna putih tidak sebagai underbase dan masuk ke desain utama? Tidak masalah juga. Dengan begini maka desain menjadi lebih bervariasi.

Underbase Tak Harus Tebal dan Putih

perpaduan warna kaos dan sablon

Tidak ada keharusan untuk menggunakan lapisan bawah tebal. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa desain tidak butuh block out pada kaos hitam. Sebaliknya, underbase hanya berfungsi sebagai set up saja.

Lalu bagaimana dengan underbase warna lain?

Mengingat warna hitam mudah dipadu-padankan dengan warna lain, maka putih tak selalu menjadi pilihan. Utamanya, Anda wajib memilih warna cerah agar bisa berperan sebagai base dengan baik.

Pertimbangkan juga warna desain utama. Hindari menggunakan warna utama di desain sebagai underbase.

Pahami Perubahan Warna (Color Shift)

warna kaos sablon

Anda pernah membuat perpaduan warna kaos dan sablon yang sangat bagus. Namun, ketika sablon selesai ternyata hasilnya tidak sesuai ekspektasi? Warnanya terlihat berbeda.

Inilah yang disebut dengan color shift (perubahan warna) yang pasti terjadi dengan setiap tinta yang Anda cetak. Beberapa hal bisa membuat warna desain berubah jauh dari warna asal.

Faktor utama yang terkait color shift pada warna baju sablon yang bagus adalah opacity. Ini adalah bagaimana cahaya bisa masuk melewati objek. Jika sesuatu punya tingkat opacity 100% maka Anda tidak bisa melihat langsung melaluinya. Tidak transparan.

Semakin rendah opacity-nya maka semakin mudah untuk melihat objek tersebut. Opacity ini sepenuhnya bergantung pada jenis tinta dan pakaian yang Anda gunakan.

Ketika Anda mencetak tinta yang lebih tembus cahaya pada underbase putih, maka hasilnya akan lebih terang. Alasannya karena base warna putih terlihat jelas dengan opacity rendah.

Sebaliknya, jika Anda mencetak langsung warna dengan opacity rendah di atas kaos hitam, maka warna menjadi lebih sulit untuk dilihat. Karena basenya warna kaos sablon adalah hitam maka ini membuat tinta yang dicetak menjadi lebih gelap.

Saat memilih tanpa underbase putih maka Anda harus kerja ekstra membuat warna terlihat seperti desain aslinya.

Pilih Warna Cerah

Terlepas dari Anda menggunakan underbase ataupun tidak, pilihan warna cerah selalu utama untuk kaos hitam. Sebut saja kuning, merah, biru muda, magenta, fuschia, dan lain-lain.

Warna-warna cerah tadi memang tetap mengalami color shift, tapi tidak separah warna gelap. Selalu ingat, warna putih merefleksikan cahaya dan warna hitam menyerap cahaya.

Print > Flash > Print untuk Cetak Satu Warna

sablon kaos hitam keren

Salah perpaduan warna kaos yang bagus adalah kaos hitam dengan tinta putih. Dalam hal ini berarti Anda hanya mencetak satu warna saja.

Ketika mencetak warna putih sebagai warna tunggal di atas kaos hitam, maka gunakan teknik print > flash > print.

Artinya cetak warna putih dua kali (layer) sehingga warna menjadi lebih vibrant.

Kesimpulan

Sablon kaos hitam yang keren tak harus memiliki desain yang rumit. Sebaliknya, desain yang simpel bisa terlihat sangat hidup jika Anda benar dalam memilih warna.

Sebagai pertimbangan, Anda bisa memulai dengan melihat Pantone colors. Pilih warna Pantone dengan shade lebih gelap untuk saturasi yang lebih kaya. Jangan ragu untuk melakukan tes warna sebelum memulai proses cetak ya.

Kalau menurut Anda, apa warna sablon yang cocok untuk kaos warna hitam?

Leave a Reply

Your email address will not be published.