sablon dtf

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SABLON DTF

Posted on

Kelebihan dan Kekurangan Sablon DTF – Bagi Anda yang berencana membuat kaos kustom dan kebetulan di jumlah satuan atau sedikit. Teknik sablon kaos ini dapat menjadi pertimbangan anda, disebut dengan sablon kaos DTF atau digital transfer film yang sering dijadikan pilihan alternatif untuk sablon kaos satuan. Kenapa begitu? Tentu saja karena teknik sablon kaos DTF ini cocok untuk sablon dalam jumlah sedikit dan untuk desain yang digunakan bisa direquest alias kustom.

Sekilas Mengenai Digital Transfer Film

Direct transfer film atau yang biasa disebut DTF yang biasa disebut konsumen Indonesia dengan digital transfer film. Merupakan teknik sablon kaos yang menggunakan tinta khusus untuk desain (gambar) menggunakan kertas film. Di industri jualan baju online, DTF juga dikenal sebagai sablon tepung karena proses pemindahan gambar menggunakan tepung atau bubuk lem untuk perekat sablon tersebut.

Bubuk lem sablon ini berguna untuk merekatkan gambar ke kaos sablon dengan cara ditekan atau dipress dengan suhu tertentu. Pada umumnya, suhu yang dianjurkan untuk teknik sablon kaos digital transfer film itu adalah 160 derajat celcius. Pada saat proses ditekan ke kaos itu dilakukan selama 10 detik untuk memperoleh hasil terbaik. Sebagai teknik sablon kaos, pada umumnya teknik ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang anda ketahui dan pertimbangkan.

Kelebihan Sablon Kaos DTF

Teknik DTF memang disarakan untuk pembuatan kaos kustom satuan, hal ini tidak dapat dipisahkan dari kelebihan yang dimilikinya. Beberapa dari kelebihannya adalah:

1. Hasil Sablon Berwarna (Full Color)

Kelebihan dari sablon DTF ini adalah hasil sablon sangat berwarna atau full color. Jadi hasil sablon kaos terlihat lebih eksklusif atau elegan, terutama dengan finishing khusus. Maka dapat membuat hasil dari sablon terlihat lebih mengkilap.

2. Hasil Sablon yang Awet

Teknik press dan penggunaan tinta special di dalam Teknik sablon kaos DTF membuat hasil sablon memiliki kekuatan yang baik. Disebut sangat tahan lama, karena melekat pada kaos sangat kuat dan tidak mudah pudar meskipun disikat. Teknik sablon ini cocok untuk Anda yang tidak begitu memperhatikan dalam merawat pakaian.

kelebihan dan kekurangan sablon dtf

3. Cocok untuk sablon gambar berukuran kecil

Jika Anda berencana untuk kustom sablon kaos menggunakan gambar berukuran kecil, teknik digital transfer film sangat disarankan untuk dipilih. Karena dengan desain gambar sangat kecil pun akan tercetak dengan sempurna di kaos kustom anda.

4. Cocok untuk banyak pilihan bahan kain

Kelebihan lain dari Teknik sablon kaos DTF ini adalah memiliki karakter yang cocok untuk berbagai jenis bahan kain. Mulai dari kaos katun, kanvas, poliester, dan lainnya, selama bahan tersebut miliki ketahanan terhadap panas.

5. Hasil Sablon Kaos Bertekstur Halus

Bila hasil sablon yang anda harap kan memiliki hasil yang halus dan berwarna cerah, maka Teknik DTF adalah pilihannya. Karena teknik sablon kaos ini mampu mencetak hasil sablon kaos yang halus. Maka dari itu sablon kaos kustom yang anda pesan lebih nyaman saat dipakai.

kekurangan sablon dtf

Kekurangan Sablon Kaos DTF

Meskipun merupakan pilihan yang tepat untuk sablon kaos kustom satuan dengan kelebihan yang sudah disebutkan diatas. Teknik sablon kaos DTF juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

● Hanya dapat dipilih jika memilikii kustom dengan desain solid, sehingga anda tidak dapat memilih untuk desain gradasi, 3 dimensi, dan sebagainya.

● Harga kustom sablon kaos dengan teknik DTF biasanya lebih mahal, karena untuk penyedia jasa sablon mengeluarkan biaya lebih tinggi untuk memproduksi kustom sablon kaos tersebut.

Itulah kelebihan dan kekurangan sablon DTF seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Jadi untuk memilih teknik sablon ini atau tidak, bisa mempertimbangkan dari kebutuhan dan budget anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.