tips mencuci kaos agar tidak melar

6 TIPS MENCUCI KAOS AGAR TIDAK MELAR

Posted on

6 Tips Mencuci Kaos Agar Tidak Melar – Mencuci baju kaos tentu tidak bisa hanya dimasukkan ke mesin cuci atau dicuci tanpa mengetahui caranya. Apalagi yang dicuci merupakan kaos favorit Anda, tentu saja Anda harus lebih berhati-hati dan mengetahui cara mencuci yang baik dan tidak membuat kaos favorit Anda menjadi melar atau rusak.

Dalam mencuci kaos, masalah yang sering terjadi adalah kaos anda luntur atau bahkan melar. Bahan kaos terbuat dari bahan yang tidak sekuat bahan baju lainya, jadi untuk itu anda harus berhati-hati dan mengetahui ketika mencucinya.

Berikut merupakan cara mencuci kaos agar tidak melar dan dapat dilakukan dengan beberapa cara yang gampang. Dengan mengikuti langkah ini, Anda tidak perlu takut akan kaos anda melar ketika dicuci. Dengan begitu kaos favorit anda dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama tanpa takut akan melar ataupun rusak.

Berikut merupakan ringkasan dari pemilik Usaha Pakaian Online tentang cara mencuci sablon kaos agar tidak mudah melar.

Cukup rendam selama 20-30 menit

Cara pertama pada mencuci kaos agar tidak melar adalah dengan merendam selama 20 sampai 30 menit. Gunakan deterjen secukupnya dan rendam kaos tidak lebih dari 30 menit.

Sebisa mungkin jangan rendam kaos nya terlalu lama. Tujuan dari perendaman ini adalah agar kotoran yang menempel pada kaos terangkat dan noda keringat dapat dengan mudah dibersihkan.

Jangan disikat

Berikutnya cara mencuci kaos agar tidak melar adalah dengan tidak disikat, Anda sebaiknya jangan disikat kaosnya.

Karena tekstur bahan kaos yang lembut dapat lebih mudah untuk melar atau rusak jika disikat. Pori-pori kaos dapat dengan mudah robek jika disikat berlebihan. Jadi alangkah bagusnya untuk dicuci hanya menggunakan tangan saja.

Kucek dan Jangan Berlebihan saat Diperas

Mencuci kaos sebenarnya kurang dianjurkan menggunakan mesin cuci. Tapi ketika mencuci secara manual atau dengan tangan, jangan terlalu keras dalam mengucek dan memeras kaos Anda. Jika Anda berlebihan mengucek dan memerasnya, maka kaos favorit anda akan melar dengan cepat.

Berikutnya, tidak dianjurkan menggunakan pemutih saat mencuci kaos Anda. Menggunakan pemutih untuk mencuci kaos bisa membuat kaos anda menjadi kasar dan tipis. Oleh karena itu, Anda harus memilih deterjen yang tanpa adanya pemutih.

Pisahkan Kaos dengan Pakaian lain

Selain itu, Anda harus memisahkan kaos dengan pakaian lainnya. Sebisa mungkin kaos terpisah dari pakaian lain, terutama dari pakaian berwarna kuat seperti hitam dan merah.

Hal ini ditujukan agar kaos tidak mudah terkena luntur. Apalagi jika kaos putih, sangat dianjurkan untuk memisahkan nya dengan pakaian lain.

Keringkan Terbalik dan Jangan Digantung

Cara mencuci kaos agar tidak melar selanjutnya adalah dengan menjemurnya terbalik dan tidak digantung. Sebelum mencuci dan menjemur nya anda bisa membalik kaos terlebih dulu. Sinar matahari yang terlalu panas dapat membuat warna dari kaos dan sablon cepat memudar. Jadi anda bisa menjemur nya dengan posisi sablon berada di dalam.

Selain itu, kaos tidak digantung dengan hanger di bagian leher kaos karena akan membuat kaos anda melar, dikarenakan beban kaos mejadi lebih berat ketika basah.

cara merawat sablon

Jangan Terlalu Panas Saat Disetrika

Untuk cara terakhir adalah cara setrika kaos itu jangan mengatur suhu yang terlalu panas. Cukup dengan mengatur suhu yang hangat dan tidak berlebihan, agar kaos tidak melar.

Bahkan ada juga kaos tertentu dengan bahan yang tidak perlu disetrika, jadi Anda tidak perlu untuk menyetrika nya. Anda juga bisa melapisi kaos dengan kain lain sebelum menyetrikanya.

Itulah 6 tips mencuci kaos agar tidak mudah melar yang bisa membantu anda dalam merawat kaos kesayangan anda. Untuk rekomendasi bahan kaos terbaik hanya ada di Hanzo Clothing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.