menghilangkan jamur pada baju

5 CARA MENGHILANGKAN JAMUR PADA BAJU

Posted on

5 Cara menghilangkan jamur pada baju umumnya memakai pemutih. Tetapi, bahan kimia yang keras dalam produk pemutih dapat merusak baju dan berbahaya untuk kesehatan. Apalagi pemutih cuma cocok diaplikasikan untuk baju berwarna putih saja.

Penyebab baju yang berjamur itu dikarenakan oleh berbagai macam hal, dimulai dari kebiasaan meletakkan baju dalam keadaan setengah basah dan meletakkan baju basah di keranjang cucian dalam jangka waktu yang lama.

Berikut tips dari Hanzo Clothing untuk menghilangkan jamur pada baju dengan bahan alami.

Cuka Putih

Cara menghilangkan jamur pada baju yang pertama, anda dapat menggunakan cuka putih. Cuka putih dapat dengan efektif menghilangkan bintik-bintik pada baju berjamur. Selain itu, cuka putih juga sangat aman dipakai untuk berbagai jenis bahan kaos sablon.

Caranya adalah dengan menggunakan takaran sebanding dari cuka putih dan air dingin. Lalu gosok larutan cuka ke bintik-bintik jamur pakai kain atau sikat gigi bekas yang bersih. Diamkan lalu cuci dengan air bersuhu tinggi sangat dianjurkan.

Juga bisa dengan merendam pakaian seharian ke larutan cuka dan air (segelas cuka untuk se baskom air) jika jamur pada pakaian telah menyebar luas, lalu anda tinggal membilas dan mencucinya.

Lemon dan Garam

Cara menghilangkan jamur pada baju tanpa pemutih berikutnya adalah dengan memakai lemon dan garam. Campuran kedua bahan ini sangat aman dan tidak akan merusak serat kain.

Peras air lemon dan pakai airnya saja. Larutkan 1 sdm garam ke dalam air perasan lemon. Lalu campurkan lemon dan garam ke air hangat.

5 cara menghilangkan jamur pada baju

Rendam baju yang terkena jamur ke dalam larutan air lemon dan garam. Setelah 30 menit, angkat baju lalu periksa apakah jamur sudah terangkat atau masih menempel.

Jika masih ada jamur yang tertinggal, lumuri deterjen cair ke bagian pakaian yang berjamur dan gosok perlahan dengan sikat gigi bekas yang bersih. Kemudian, tinggal dilanjutkan mencuci baju supaya jamur benar-benar terangkat sempurna.

Baking Soda

Pemakaian baking soda untuk menghilangkan jamur pada baju merupakan salah satu solusi yang selalu digunakan untuk mengatasi berbagai noda membandel yang menempel di baju.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah buatlah pasta baking soda dengan mencampurkan air dan baking soda. Oleskan pasta ke bagian baju yang berjamur. Diamkan 15 menit, lalu sikat dengan menggunakan sikat halus atau sikat gigi bekas yang bersih. Setelah itu, cuci baju dengan air bersih.

Air Panas

Selanjutnya, anda juga dapat memakai air panas untuk menghilangkan jamur pada baju. cara menghilangkan jamur pada baju dengan air panas ini tentunya sangat gampang untuk diterapkan.

Cucilah baju ke dalam air panas secepat mungkin jika sudah memiliki noda jamur. Cara Ini merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan jamur daripada menggunakan air dingin. Akan tetapi, anda juga harus memperhatikan agar tidak menggunakan air yang terlalu panas atau bahan kain akan rusak.

menghilangkan jamur baju

Boraks

Boraks adalah bahan yang sangat ampuh melawan jamur pada pakaian dan bisa dibeli dalam kemasan bubuk. Beberapa detergen juga mengandung boraks. Ikuti pedoman pengaplikasian boraks bubuk di kemasannya.

Biasanya, serbuk perlu dicampur dengan air untuk membuat nya menjadi pasta. Oleskan pasta pada noda jamur dan disikat menggunakan sikat gigi bekas. Diamkan 30 menit, kemudian dicuci seperti biasa. Anda juga dapat menambahkan pasta boraks pada saat mencuci baju ternoda jamur dalam jumlah banyak

Setelah 5 cara menghilangkan jamur pada baju anda sudah diterapkan, lalu pakaian dicuci, menjemur baju dibawah sinar matahari akan membantu dalam pembasmian jamur pada baju. Jika musim hujan, anda bisa mengantung baju di ruangan dengan sirkulasi udara yang lancar atau bisa dengan mengunakan mesin pengering cucian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.