5-perbedaan-bahan-katun-dan-babyterry

5 PERBEDAAN BAHAN KATUN DAN BABYTERRY

Posted on

Anda pasti sering melihat olshop menawarkan pakaian berbahan katun fleece ataupun babyterry. Namun, tidak banyak pembeli yang tahu perbedaan bahan katun dan babyterry.

Hingga akhirnya, mereka kecewa dengan pakaian yang dibeli. Alasannya tekstur kain tidak sesuai dengan ekspektasi.

Biasanya penjual memang hanya memberikan gambaran secara umum. Bahkan tidak sedikit yang hanya menjelaskan keunggulan saja. Ini tentu bisa jadi jebakan bagi pembeli.

Untuk itu, Anda wajib memahami perbedaan keduanya agar tidak salah dalam membeli:

  1. Bahan Dasar
cotton-fleece

Katun fleece terbuat dari 80% katun. Sisanya 20% merupakan wool atau imitasi wool yang dari polyester.

Sebaliknya, babyterry adalah kombinasi dari 80% katun dan 20% polyester. Namun, ada versi lain yang menyatakan bahwa babyterry terbuat dari 100% katun.

Biasanya versi 100% cotton digunakan untuk membuat produk premium. Sebaliknya, untuk versi umum lebih banyak memakai bahan campuran.

Kedua jenis kain ini adalah bahan hoodie yang bagus.

  1. Tekstur
apakah-bahan-babyterry-bagus-untuk-sweater

Apakah bahan babyterry bagus untuk sweater? Iya. Alasannya cukup banyak. Bahan babyterry memiliki tekstur rajutan ganda yang halus dan rata di bagian luar.

Sedangkan bagian dalam berbentuk bulatan atau space kecil yang berfungsi untuk menyerap keringat dan menghangatkan.

Jenis kain ini bisa menyerap keringat sampai 10x lipat lebih banyak. Babyterry juga lembut di kulit. Dingin dan ringan juga sehingga cocok untuk Anda kenakan di daerah tropis.

Selain itu, babyterry juga punya sifat lentur. Saat Anda menarik kainnya, maka akan kembali ke bentuk semula

Bagaimana dengan cotton fleece?

Sebenarnya bahan ini juga ringan dan lembut. Selain itu, fleece juga terbilang elastis lho. Karakteristiknya memiliki bulu-bulu halus dan mampu menyerap air dengan cukup baik.

Namun, jika Anda bandingkan antara babyterry dan fleece maka katun fleece terlihat lebih tebal, kasar, dan kaku. Hanya saja warna katun fleece ini lebih cerah.

Jika bahan babyterry cocok untuk daerah tropis, maka katun fleece justru sebaliknya.

Kain ini cocok untuk Anda yang tinggal di daerah dingin. Anda yang sering beraktivitas di malam hari juga cocok menggunakan hoodie atau sweater berbahan fleece.

Ini karena fleece bisa menjaga suhu tubuh tetap hangat. Sebaiknya, Anda menghindari penggunaan katun fleece di siang hari karena bisa memicu rasa gerah.

Berbeda dengan babyterry, katun fleece lebih sulit untuk menyerap keringat. Totalnya, hanya 1% air yang bisa terserap.

Namun, kain ini punya pori-pori yang bisa membantu menguapkan air. Jadi, cotton fleece termasuk kain yang sangat mudah kering.

  1. Penggunaan
bahan-hoodie-yang-bagus

Di awal kemunculannya, babyterry digunakan untuk selimut, handuk, pakaian bayi dan anak. Namun, seiring berjalannya waktu kini babyterry telah masuk ke industri pakaian dewasa.

Hoodie dan sweater jadi beberapa contoh lini pakaian dewasa yang memanfaatkan bahan babyterry.

Sedangkan fleece cotton  lebih populer untuk jaket, hoodie, dan sweater.

  1. Harga

Babyterry termasuk salah satu kain yang cukup mahal. Ini karena pembuatannya masih menggunakan metode tradisional. Bahan baku mentah akan ditenun dengan tangan secara manual.

Ada dua benang. Benang pertama diatur dalam posisi tegang sedangkan benang kedua diatur dalam posisi longgar. Proses pembuatan kain jenis ini lumayan makan waktu.

Harga kain babyterry juga bervariasi tergantung jenis, kualitas dan biaya sablon kaos nya. Rata-rata harga jualnya di kisaran Rp60.000 ke atas.

Bahan katun fleece lebih mahal jika dibandingkan dengan babyterry. Di marketplace, kamu bisa menemukan kain ini dijual dengan harga mulai dari Rp90.000 sampai Rp147.000.

  1. Cara Perawatan BabyTerry dan Cotton Fleece
lebih-bagus-bahan-fleece-atau-babyterry

Untuk proses pencucian, bahan babyterry lebih baik menggunakan deterjen yang minim dan  air hangat. Sebaliknya, katun fleece boleh pakai air dingin. Proses merendam juga tidak boleh terlalu lama.

Hindari untuk menyikat kain babyterry. Anda bisa mengakalinya dengan mengucek secara lembut.

Kemudian, untuk cotton fleece boleh menyikat menggunakan sikat yang halus. Cara menyikatnya juga harus searah.

Untuk penjemuran, keduanya sama-sama harus dihindarkan dari sinar matahari langsung agar tidak mudah pudar.

Kedua jenis kain ini boleh Anda setrika. Tapi pastikan posisinya di low heat ya.

Hindari mencuci kain ini menggunakan mesin cuci dan pengering. Sebaiknya, kain cotton fleece ini digantung. Jangan dilipat karena bisa menimbulkan bau apek.

Kesimpulan

Lebih bagus bahan fleece atau babyterry? Jawabannya mungkin tergantung pada jenis produk yang ingin Anda buat dan target pasarnya.

Terlepas dari perbedaan di atas, kedua jenis kain ini sama-sama bagus untuk membuat hoodie dan sweater.

Perbedaan bahan katun dan babyterry mendasar mungkin ada di penyerapan keringat dan penggunaannya untuk area tropis dan dingin. Kalau Anda lebih suka hoodie dan sweater dari bahan apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published.