sablon manual dan sablon digital

4 PERBEDAAN SABLON DIGITAL DAN MANUAL

Posted on

4 Perbedaan Sablon Digital dan Sablon Manual – Kaos Sablon sekarang merupakan salah satu jenis pakaian yang sangat diminati oleh warga Indonesia. Karena memiliki konsep yang casual dan trendi, jadi sangat cocok untuk dipakai dimana dan kapan saja. Apalagi dengan adanya Teknik sablon kaos yang tepat untuk sablon kaos tersebut, sehingga tidak hanya menggunakan kaos polos saja.

Selain itu, memilih desain kaos yang tepat membuat sablon kaos semakin terlihat keren dan tidak membosankan. Dengan itu tentang proses nya, terbagi menjadi dua teknik yang biasa digunakan dalam memproduksi sablon kaos tersebut, yaitu Teknik sablon manual dan Teknik sablon digital.

MEMAHAMI SABLON DIGITAL DAN MANUAL

Teknik sablon manual mencetak pada kaos adalah Teknik sablon sederhana yang menggunakan alat terbuat dari kayu atau aluminium, yang disebut screen. Alat ini memiliki ukuran dan bentuk berbeda yang akan diikuti dengan desain kaos yang Anda butuhkan.

Sedangkan teknik sablon digital yang merupakan Teknik sablon modern yang sedang umum di jualan baju online dengan menggunakan komputer dan printer sebagai alat cetaknya. Teknik sablon kaos ini biasa dikenal dengan nama sablon DTG karena menggunakan printer DTG (Direct to Garment).

perbedaan sablon digital

PERBEDAAN DARI KEDUA TEKNIK SABLON ITU

Jika anda mempunyai keinginan untuk membuat sablon kaos untuk pakai sendiri atau dijual, maka anda harus tahu perbedaan antara kedua Teknik sablon tersebut. Dikarenakan, dari budget dan hasil dari kedua Teknik sablon kaos tersebut mempunyai hasil yang berbeda. Berikut perbedaannya:

1. Proses Produksi

Beberapa hal telah disebutkan tentang alat Teknik sablon kaos yang digunakan dalam proses pembuatannya. Teknik sablon manual memakai alat yang disebut screen dan berbagai alat produksi lainnya. Untuk itu proses nya memakan cukup banyak waktu karena memerlukan keahlian dan ketelitian khusus dalam pengerjaannya.

Sementara teknik sablon digital memakai alat yang lebih modern seperti computer dan printer DTG yang memiliki tinta khusus untuk mencetak sablon dibahan kaos. Jadi proses pengerjaan nya juga membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan Teknik sablon manual.

2. Biaya Produksi

Untuk biaya produksi yang dikeluarkan untuk memproduksi dari kedua Teknik sablon ini berbeda. Teknik manual memiliki biaya lebih murah jika anda memproduksi sablon kaos dalam jumlah banyak atau partai-an, tetapi akan mahal jika memproduksi satuan. Dikarenakan bahan yang digunakan untuk memproduksi banyak atau pun sedikit itu sama. Sementara teknik sablon digital tidak khawatir tentang jumlah produksi. Namun, memiliki biaya produksi yang lebih mahal, karena untuk biaya perawatan mesin dan tinta khusus produksi yang relatif tinggi.

perbedaan sablon manual

3. Jumlah Kaos Per-Produksi

Adanya perberdaan dalam proses per produksi karena berdampak pada jumlah kaos yang diproduksi. Pada umumnya, Sablon Kaos dengan Teknik sablon manual hanya dapat menerima produksi dalam jumlah yang besar dan harus memesan terlebih dahulu untuk mengurangi biaya produksi nya. Berbeda dengan Teknik sablon digital, yang bisa menerima pesanan dalam jumlah satuan hingga jumlah banyak tanpa ada terkecuali.

4. Kualitas dan Keawetan Sablon Kaos

Untuk hal ini, sangat banyak faktor yang mempengaruhi kualitas dan keawetan dari sablon kaos tersebut. Faktor – faktor tersebut dimulai dari kualitas pemilihan tinta, kualitas mesin yang digunakan untuk produksi, bahan dari kaos, perawatan oleh pengguna sablon kaos setelah diproduksi dan termasuk juga Teknik dari produksi kaos itu sendiri.

Demikian merupakan 4 perbedaan sablon digital dan manual yang bisa kami rangkum untuk anda. Meskipun itu, Teknik sablon apapun yang dipilih selalu memiliki kelebihan dan kekurangan nya tersendiri. Dengan ini, keputusan untuk memilih Teknik sablon kaos mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.