6 jenis sablon terbaik untuk pakaian

6 JENIS SABLON TERBAIK UNTUK PAKAIAN

Posted on

6 Jenis Sablon Terbaik untuk Kaos – Berdasarkan hasil evaluasi, kami merekomendasi berbagai jenis sablon terbaik yang bisa anda coba. Ada berbagai jenis sablon kaos yang terbagi atas dua jenis yaitu sablon manual dan sablon digital.

• Jenis Sablon Kaos Plastisol

Sablon Plastisol adalah jenis sablon kaos dengan oil based atau berbahan dasar minyak. Karakter dari sablon plastisol disebut sebagai salah satu jenis sablon terbaik dan berstandar internasional bagi semua bisnis pakaian online. Tinta sablon plastisol akan lebih bagus saat digunakan untuk mencetak gambar pada kaos berwarna gelap.

Kualitas dari tinta ini sangat baik dan kuat menempel pada kaos anda, tetapi kekurangan nya ada disaat pembuatan nya yang memakan waktu di proses pengeringan nya. Salah satu kelebihan nya yaitu sablon kaos plastisol bisa menghasilkan hasil sablon dari ukuran gambar yang sangat kecil dengan detail yang sempurna.

• Jenis Sablon Kaos Rubber

Jenis Sablon Kaos berikutnya ialah Sablon Rubber, jenis sablon kaos ini dapat dikatakan sebagai salah satu jenis yang kerap sekali diaplikasikan sebagai variasi untuk mempercantik kaos. Dari jenis teknik sablon ini sering dipakai sebagai pilihan lain jika tidak menginginkan memakai sablon plastisol yang harganya terbilang mahal.

Tetapi kualitas dari sablon Rubber ini juga tidak bisa diremehkan. Sablon Rubber adalah jenis sablon yang berbahan dasar karet, selain itu sablon Rubber juga berbahan dasar water based atau berbasis air. Tinta yang diaplikasikan dapat dicampurkan dengan air untuk menghasilkan warna yang lebih bervariasi.

Kenapa dikatakan sablon Rubber itu memiliki kualitas terbaik juga? Karena sablon ini berbahan dasar karet sehingga akan menempel dengan kuat pada bahan kaos anda.

• Jenis Sablon Kaos Flocking

Jenis sablon yang ini merupakan jenis sablon yang unik pada hasil akhirnya karena  sablon ini akan mempunyai efek 3D, bulu-bulu halus pada permukaannya. seperti pada beludru, dan juga jenis sablon kaos Flocking sebenarnya tidak menggunakan tinta seperti umumnya, tetapi tinta ini menggunakan serbuk atau bubuk pewarna.

• Jenis Sablon Kaos Discharge

Sablon discharge merupakan salah salah satu teknik sablon dengan metode sablon manual, Memakai jenis tinta yang bisa merubah warna dasar pada kaos menjadi sama dengan warna tinta yang diaplikasikan, metode sablon discharge sering juga disebut dengan metode cabut warna. Jenis bahan kaos yang dapat anda pakai untuk mencetak gambar memakai cara sablon discharge adalah bahan Cotton, selain itu jenis bahan lain seperti CVC juga bisa tetap dipakai asalkan bahan dengan warna reaktif.

Karena jenis sablon kaos ini tidak akan menghasilkan hasil terbaik pada kain dengan jenis warna sulfur. Juga hasil sablon kaos akan lebih optimal pada kain dengan warna gelap.

jenis sablon pakaian terbaik

• Jenis Sablon Kaos DTG

SSalah satu jenis sablon kaos digital yang saat ini telah banyak dipakai adalah DTG atau Direct To Garment. Sesuai sebutan nya, untuk menyablon gambar menggunakan teknik ini tidak dibutuhkkan tambahan dari transfer paper atau peralatan lain, tetapi bisa dengan secara langsung dicetak pada permukaan baju nya.

Keunggulan dari sablon DTG merupakan kemampuan nya mencetak gambar full color, karena sablon manual pada umumnya cukup susah untuk mencetak gambar yang memiliki banyak warna, berbeda dengan sablon DTG ini dapat mencetak gambar dengan gradasi, 3 dimensi dan dengan hasil resolusi yang sangat baik.

Waktu yang diperlukan untuk pengerjaan sablon DTG terhitung sangat cepat dan untuk produksi dengan jumlah sedikit sablon DTG ini merupakan solusi yang sangat disarankan. Namun perlu anda ketahui juga, untuk mendapatkan sablon kaos terbaik, bahan kaos yang anda pakai untuk mencetak gambar dengan metode DTG sebaiknya anda memakai bahan katun dan lebih spesifiknya adalah bahan Cotton Combed dengan ketebalan 24s atau 30s, kenapa begitu? Itu bertujuan agar hasil cetak lebih rapi, halus dan tinta bisa meresap dengan baik ke serat-serat kain.

• Jenis Sablon Kaos DTF

DTF merupakan metode sablon dengan memakai beberapa bahan seperti kertas transfer, bubuk perekat sablon yang nantinya akan berfungsi menempelkan gambar ke material kaos, lalu kaos atau kain yang telah dicetak diakhiri dengan di press pada mesin press, supaya gambar merekat dengan sempurna.

Untuk sablon dengan metode DTF, jenis bahan yang dapat anda pakai cukup banyak, seperti bahan cotton, polyester, scuba, TC, dan berbagai jenis bahan lainnya. Disini beda dengan teknik DTG yang cuma bisa memperoleh hasil terbaik pada bahan Cotton, sablon DTF memberikan kesempatan untuk mengaplikasikan nya ke berbagai jenis bahan kaos.

Dari 6 jenis sablon terbaik untuk pakaian di atas, metode mana kah yang akan anda coba? Sebaiknya dalam memilih jenis sablon kaos ini, anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Sesuaikan dengan jenis bahan akan anda pakai, serta budget produksi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.