starter kit untuk sablon wajib punya

4 STARTER KIT UNTUK SABLON, WAJIB PUNYA

Posted on

4 Starter Kit untuk Sablon, Wajib Punya – Zaman sekarang ini, tempat dan media untuk berkreasi atau mengekspresi semakin luas. Melalui seni dan fashion yang diterapkan, seseorang bisa menampilkan gaya dan ciri khasnya lebih terlihat berbeda. Untuk menampilkan gaya anda tidak perlu membeli barang yang mahal, sebagian barang akan lebih artistik kalau anda sendirilah yang mendesain nya, Konsep Do It Yourself (DIY) atau bahkan ingin membuka bisnis sablon itu sendiri memang sangat tren akhir-akhir ini, tidak terkecuali untuk fashion seperti kaos. Ingin punya kaos dengan mutu distro yang bagus dan unik, kenapa tidak? Anda dapat mengikuti starter kit dan metode sablon kaos ala Hanzo Clothing berikut ini.

alat sablon wajib punya

STARTER KIT DAN CARA SABLON UNTUK BISNIS ATAU SENDIRI

Sablon kaos adalah salah satu hal yang bisa anda lakukan jika ingin memiliki kaos dengan desain gambar yang anda inginkan ataupun bahkan mempunyai ide untuk menjalani jualan baju online. Dikarenakan meningkatnya peminat orang dalam sablon kaos, membuat alat – alat sablon kaos dijual dengan sangat banyak dipasaran sehingga mudah untuk mendapatkannya. Berikut adalah beberapa starter kita atau alat – alat yang harus anda siapkan jika ingin sablon kaos sendiri:

1. Kaos untuk Disablon

Harus anda pahami, tidak setiap bahan dari bahan kaos itu bisa dipakai untuk sablon. Kualitas dari bahan dasar kaos yang anda gunakan juga akan mempengaruhi hasil sablon yang akan dihasilkan. Dengang memilih bahan kaos yang sesuai juga akan membuat pemakainya nyaman saat dipakai. Pilihan bahan kaos yang dapat anda pilih adalah Cotton Bamboo, Catton Carded, Cotton Slub, Cotton Spandex, Cotton Combed, Tri Blends dan Supima. Bahan yang digunakan untuk sablon mayoritas dipilih adalah dengan bahan dasar katun, karena katun sangat lembut dan mudah untuk menyerap keringat. Hal ini membuat kaos katun dapat dipakai diberbagai kondisi.

2. Rakel dan Screen

Rakel merupakan kuas yang digunakan untuk menekan tinta sablon agar dapat tercetak diatas kaos yang ingin disablon. Secara umum, rakel terbuat dari 2 bagian, yaitu bagian karet yang bersentuhan langsung dengan tinta dan bagian pegangannya yang terbuat dari bahan kayu atau aluminium sebagai pegangan. Ukuran rakel umumnya mengikuti dengan gambar yang akan dicetak. Ragam ukuran rakel bisa dibedakan dari ujung karetnya. Ada yang berbentuk bulat, miring, kotak, dan ada juga yang lancip. Untuk Screen memiliki berbagai bentuk seperti bingkai kayu dan memiliki kain special yang berguna untuk menyaring tinta khusus salbon yang dipakai. Screen dapat dibedakan dari ketebalannya yaitu screen halus, sedang dan kasar.

wajib punya untuk sablon

3. Tinta Sablon

Memilih cat atau tinta sablon yang akan dipakai untuk sablon merupakan salah satu hal utama juga, selain memilih bahan kaos yang akan anda pakai untuk sablon. Dikarenakan kedua hal tersebut menentukan hasil dari kaos yang anda buat nanti. Ada beberapa opsi tinta yang bagus untuk menyablon kaos. Tinta plastisol terbuat dari bahan dasar minyak atau disebut oil based, akan mampu menempel kuat pada kaos. Tinta yang memiliki bahan dasar dari water based sangat cocok dipakai untuk sablon kaos untuk bayi dan anak – anak kecil. Sedangkan, tinta rubber terbuat dari karet yang akan menjadikan gambar atau tulisan sablon kaos yang padat dan solid.

4. Desain Gambar yang Akan Disablon

Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan desain untuk anda cetak diatas kaos. Usahakan membuat desain yang tidak melanggar hak cipta dari desain produk orang lain, ya! Gambar desain ini umumnya mengunakan ulano dan kertas kalkir. Teknik yang dipakai umumnya adalah afdruk yang mirip dengan teknik afdruk pada foto.

Sampai disana penjelasan tentang 4 Starter Kit untuk Sablon Wajib Punya, jika anda ingin mempraktekkan cara sablon kaos sendiri. Jika mempelajarinya, sekarang anda siap untuk membuat desain dari sablon kaos anda sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published.