4 macam tinta terbaik untuk sablon

4 MACAM TINTA TERBAIK UNTUK SABLON

Posted on

4 Macam Tinta Terbaik Untuk Sablon – Tinta sablon adalah komponen yang paling vital dan penting dalam industri sablon kaos. Jenis tinta sablon yang baik untuk sablon secara manual maupun sablon secara DTG dapat mempengaruhi kualitas dan hasil dari sablon kaos tersebut. Terutama dalam hal warna yang dihasilkan. Semakin baik kualitas bahan-bahan dasar akan mendapatkan hasil yang baik juga terhadap hasil sablon nya. Warnanya akan terlihat lebih jelas, tidak mudah pudar ataupun  kusam dan tahan lama saat digunakan terus menerus. Berikut adalah beberapa jenis tinta sablon kaos terbaik.

1. Tinta Rubber

Tinta Rubber adalah tinta dengan bahan dasar karet. Anda dapat merasakan tekstur saat menyentuh hasil sablon kaos ini terasa elastis dan padat. Tinta jenis rubber sangat cocok untuk semua jenis kaos. Selain itu, bisa juga dipakai sebagai tinta dasar baju berwarna gelap sebelum dilanjutkan dengan tinta warna lainnya. Jenis tinta tinta ini selain menghasilkan warna terbaik, yaitu juga sangat awet. Bahkan jika Anda mencuci dan memakai nya berulang kali.

2. Tinta Plastisol

Tinta sablon ini merupakan salah satu tinta yang paling sering digunakan pelaku bisnis kaos online adalah plastisol. Plastisol adalah tinta berbasis minyak. Memang, penggunaan tinta ini akan menghabiskan waktu yang lebih saat proses pengeringan dan akan sulit untuk kering jika suhunya kurang dari 160 derajat Celcius. Namun, tinta ini setelah kering akan menempel dengan kuat ke kaos yang digunakan.

Tinta plastisol ini digunakan untuk proses sablon manual. Keuntungan lain selain lebih tahan lama adalah kemampuannya dalam proses sablon desain. Terutama untuk desain kecil dapat terlihat jelas dan tepat. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa kualitas tinggi membuat jenis sablon ini juga cukup tinggi di pasaran.

3. Tinta Neo-Pigment Kornit

Selain sablon secara manual, sablon kaos juga dapat dilakukan dengan Teknik DTG. Teknik sablon itu mempunyai singkatan yang disebut Direct to Garment atau mencetak baju memakai mesin printer besar yang menggunakan tinta yang diperuntukkan untuk tekstil. Jenis tinta sablon kaos DTG yang dapat menghasilkan warna terbaik adalah kornit.

Bahan-bahan dasar berbasis 100% water based. Karena itu juga termasuk tinta yang sangat ramah lingkungan, bebas racun dan sangat cocok digunakan dengan aman untuk pakaian bayi. Selain itu, tinta ini sangat adaptif terhadap berbagai jenis kulit manusia. Kelebihan tinta ini adalah tinta sablon darj jenis ini memiliki intensitas pigmen yang tinggi. Jadi, warnanya tidak mudah luntur. Tinta Kornit juga dapat digunakan untuk kaos atau pakaian yang terbuat dari bahan warna terang ataupun gelap.

tinta terbaik sablon

4. Tinta Artistri Duppont

Jenis tinta sablon kaos terbaik berikutnya yang juga dipilih oleh pebisnis pakaian adalah tinta artistri duppont. Anda dapat mengatakan bahwa tinta ini sebenarnya adalah tinta pelopor yang digunakan untuk mesin DTG dari dulu sampai sekarang. Tinta yang berasal dari Amerika Serikat ini dikenal dengan kualitasnya terutama di tinta warna putih yang solid dan tebal.

Bahan dasar tinta berbasir water based sehingga membuatnya dengan cepat terserap pada kain. Dengan demikian, wBahan dasar tinta berbasir water based sehingga membuatnya dengan cepat terserap pada kain. Dengan demikian, warna yang dihasilkan akan terlihat sangat cerah dan juga tahan lama dan tidak mudah luntur/pudar. Bila digabung dengan pengerjaan pre-treatment yang sempurna, tinta untuk sablon jenis ini juga akan mempunyai ketahanan yang lebih maksimal. Jadi tidak mengejutkan banyak industri sablon kaos menggunakannya sebagai bahan untuk kain berwarna gelap.

Inilah 4 Macam Tinta Terbaik Untuk Sablon yang dapat menghasilkan kualitas warna yang bagus dan sering digunakan dalam industri sablon kaos. Dari itu sablon manual hingga sablon yang menggunakan mesin DTG.

Leave a Reply

Your email address will not be published.